Kamis, 08 November 2012

Pengertian Corporate social responsibillies (CSR), manfaat bagi masyarakat dan perusahaan serta perusahaan yang menerapkan CSR

CSR adalah sebuah konsep yang tidak hadir secara instan. CSR merupakan hasil dari proses panjang dimana konsep dan aplikasi dari konsep CSR pada saat sekarang ini telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan dari konsep-konsep terdahulunya. di wilayah Asia, konsep CSR berkembang sejak tahu 1998, tetapi pada waktu tersebut belum terdapat suatu pengertian maupun pemahaman yang baik tentang konsep CSR. Sementara itu, di Indonesia konsep CSR mulai menjadi isu yang hangat sejak tahun 2001, dimana banyak perusahaan maupun instansi-instansi sudah mulai melirik CSR sebagai suatu konsep pemberdayaan masyarakat. Perkembangan tentang konsep CSR pun pada dasarnya semakin meningkat lebih baik, ditinjau dari segi kualitas maupun kuantitas. Menurut Kotler dan Nancy (2005) Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan Menurut CSR Forum (Wibisono, 2007) Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai bisnis yang dilakukan secara transparan dan terbuka serta berdasarkan pada nilai-nilai moral dan menjunjung tinggi rasa hormat kepada karyawan, komunitas dan lingkungan. Corporate Social Responsibilit(CSR)adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. COntoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability. Manfaat bagi masyarakat dan keuntungan bagi perusahaan Manfaat bagi masyarakat dan perusahaan itu sangat bagus menurut saya dengan adanya CSR ini. Karena di dalam CSR ini terdapat point-point seperti : • Pengembangan Ekonomi misalnya kegiatan di bidan pertanian, peternakan,koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). • Kesehatan dan Gizi Masyarakat misalnya penyuluhan, pengobatan, pemberian gizibagi balita, program sanitasi masyarakat dan sebagainya. • Pengelolaan Lingkungan misalnya penanganan limbah, pengelolaan sampah rumah tangga, reklamasi dan penanganan dampak lingkungan lainnya. • Pendidikan, Ketrampilan dan Pelatihan misalnya pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan siswa tidak mampu, magang atau job training, studi banding,peningkatan ketrampilan, pelatihan dan pemberian sarana pendidikan. • Sosial, Budaya, Agama dan Infrastruktur misalnya kegiatan bakti sosial, budayadan keagamaan serta perbaikan infrastruktur di wilayah masyarakat setempat. Dari point-point tersebut jadi bias diambil kesimpulannya bawa manfaat CSR bagi masyarakat itu ialah masyarakat jadi lebih mudah dalam mendapatkan hak nya sesuai dengan sila-4, dapat membantu masyarakat apabila ingin melakukan kegiataan perekonomian, meningkatkan tingkat kesehatan, mengurangi tingkat penggangguran dan putus sekolah masyarakat. Kemudian keuntungan bagi perusahan adalah perusahaan lebih mudah mengalokasikan dana yang mengendap melalui kegiatan pemberian kredit bagi masyarakat yang ingin melakukan kegiatan ekonomi seperti (KUR) , perusahaan akan lebih mudah apabila ingin mencari karyawan sesuai yang diinginkan, dan dapat meningkatkan penghasilan perusahaan juga sebab apabila taraf hidup masyarakat maju maka daya beli masyarakat juga akan bertambah hal ini yang akan menjadi bertambahnya penghasilan bagi perusahaan. Perusahaan yang telah menerapkan CSR Pelaksanaan CSR di Indonesia memiliki domain yang tidak terlalu jauh berbeda satu sama lainnya, meskipun korporasi-korporasi yang melaksanakan CSR tersebut melaksanakan kegiatan bisnis yang berbeda-beda misalnya di sektor perbankan kegiataan CSR banyak difokuskan pada bidang pendidikan seperti yang dilaksanakan oleh bank Mandiri dan bank BNI. Beberapa program sosial BNI dalam membantu bidang pendidikan di antaranya pemberian beasiswa setiap tahun, bantuan sarana dan prasarana fisik dan alat tulis bagi sekolah/kampus, renovasi sekolah , program kewirausahaan mahasiswa, sarana pendukung pendidikan nonformal dan program edukasi khusus bagi semua kalangan. Pada bidang pendidikan, bank Mandiri memiliki sejumlah sub kegiatan seperti beasiswa, pembelajaran mengenai perbankan kepada siswa di daerah terpencil, penyediaan sarana penunjang pendidikan, dan renovasi sekolah-sekolah yang rusak. Bank Mandiri juga menaruh perhatian besar pada masalah yang dihadapi oleh masyarakat karena bencana alam. Pada tiga bencana besar yang belum lama terjadi di Indonesia yakni tsunami di Aceh dan Nias, gempa bumi di Yogyakarta dan Jawa Tengah, dan tsunami di Pangandaran, bank Mandiri dengan sigap segera mengulurkan bantuannya. Pada Sektor pertambangan seperti Pertamina, kegiatan CSR difokuskan pada pendidikan, lingkungan, kesehatan dan kemitraan berkelanjutan. Perusahaan pertambangan batubara yakni Bumi Resources menitiberatkan kegiatan CSR- nya pada bidang pengembangan kegiatan ekonomi masyarakat dibidang perikanan, pertanian, dan perkebunan, serta pada bidang perbaikan infrasturktur dan pemeliharaan kesehatan Tidak sedikit pula korporasi di Indonesia yang sangat memperhatikan implementasi CSR yakni dengan membentuk yayasan khusus untuk melaksanakan program CSR secara fokus dan berkelanjutan. Seperti PT. Unilever Indonesia Tbk melalui yayasan Unilever Indonesia yang sangat fokus pada pengembangan ekonomi masyarakat dan PT. HMSampoerna Tbk melalui yayasan sampoerna foundation yang fokus pada bidang pendidikan. sumber : http://www.scribd.com/doc/39325003/Makalah-CSR

Selasa, 06 November 2012

Iklan Sarimi Isi Dua (versi Ayu ting ting)

Beberapa waktu terakhir ini saya sering melihat di televisi iklan Sarimi isi dua. Iklan itu dibintangi oleh Ayu Ting Ting yang terkenal dengan alamat palsu dan ditemani oleh band Ungu. Kemasan dobel Sarimi ini menurut saya merupakan terobosan cerdas dari Indofood selaku produsen. Saya yakin bahwa kemunculan varian Sarimi ini tentu telah melalui beberapa kali survei pasar. Tidak mungkin Indofood melepas produk dengan modal coba-coba. Apalagi didukung dengan gencarnya iklan yang mereka tayangkan di televisi dengan bintang ibukota yang sedang bersinar seperti Ayu Ting Ting dan band Ungu. saya menganggap mie instan adalah salah satu penemuan terbesar manusia. Ketika kelaparan dan perut butuh diisi dengan segera, mie instan merupakan juru selamat. Dua bungkus adalah keharusan jika perut benar-benar dalam keadaan lapar dan saya kira banyak teman yang juga demikian. Nah, bisa jadi Indofood selaku produsen Sarimi juga telah menjadikan lingkungan kos-kosan mahasiswa sebagai tempat survei pasar sebelum meluncurkan produk Sarimi isi dua. Mungkin produk ini dalam periode tertentu bisa jadi akan laris manis. Akan tetapi saya teringat apa yang dikatakan oleh salah satu penjaga warung kopi di Kelapa Dua, “Indomie sebutan untuk mie instan itu kalau dimakan satu bungkus rasanya seperti kurang, tapi kalau dua bungkus seringnya kekenyangan.” Mie sendiri bukanlah makanan pokok orang Indonesia. Kebanyakan malah ada yang menjadikan mie sebagai sayur yang dimakan dengan nasi. Sarimi isi dua ini bisa jadi akan menempati salah satu segmen pasar, akan tetapi secara keseluruhan mie kemasan reguler akan tetap menjadi raja.

Iklan Indomie Versi ‘Satu Selera

Iklan Indomie Versi ‘Satu Selera’ merupakan iklan indomie yang ditayangkan di televisi pada tahun 2008. Iklan ini bertemakan keanekaragaman budaya indonesia. Tema tersebut dapat terlihat dari tampilan representasi budaya-budaya di indonesia berupa penggunaan bahasa daerah pada jingle iklan tersebut dan penggunaan landmark dari beberapa propinsi di indonesia seperti Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Bali, Papua, maupun DKI Jakarta. Maksud pesan dari iklan tersebut adalah bahwa orang indonesia walaupun berbeda budaya, bahasa, dan lain-lain tetaplah satu, dimana diantaranya adalah satu selera dalam memilih mie instan yaitu Indomie. Pembuatan tema iklan ini juga bertetapan dengan peringatan 100 tahun kebangkitan nasional, sehingga hal ini merupakam momen yang tepat untuk mengajak masyarakat menjungjung nilai-nilai persatuam diatas semua perbedaan yang ada. Tujuan komunikasi iklan adalah untuk mendekatkan produk indomie kepada konsumen. Indomie merupakan brand leader dari produk mie instan di indonesia, maka iklan tersebut merupakan iklan pengingat yang berfungsi untuk maintenance dari pemasaran produk tersebut agar tidak kehilangan pasarnya. Target audiens yang diharapkan dari penayangan iklan tersebut adalah sesuai dengan target pasar indomie yaitu seluruh masyarakat indonesia dari seluruh lapisan masyarakat, segala usia, jenis kelamin, pekerjaan, maupun lokasi geografis masyarakat. Materi Advertising selaku biro pembuat iklan bekerja sama dengan CHAMP Production House. Iklan ini menggunakan jingle original indomie yang diarransemen ulang oleh Erwin Gutawa dan liriknya diganti menggunakan representasi beberapa bahasa derah. Penggunaan model-model yang merupakan anak muda dimaksudkan untuk membawa sprint pemuda yang aktif dan penuh semangat. Selain itu juga agar Indomie tidak kehilangan pasar dari generasi muda.

analisis Iklan Mie Sedap (Versi Group musik Padi)

Mie sedap adalah mie instan yang diproduksi oleh PT. Wingsfood. Diluncurkan pada tahun 2003. Selain di Indonesia, Mie Sedaap juga dijual di luar negeri, antara lain Malaysia. Dan produk mie sedap dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Sehingga setiap mie sedap meluncurkan rasa baru masyarakat selalu antusia mencoba produk tersebut. Mie sedap muncul pertama kali dengan mie goreng dengan kriuknya yang renyah , kemudian rasa soto dengan serbuk gurih koya dan aroma jeruk nipis yang berasa banget. Rasa ayam bawang paduan antara rasa ayam dan bawang membuat penikmat mie sedap ingin mencoba lagi dan lagi . juga mie sedap sambal goreng dengan rasa jerus nipisnya dan kriuk gurihnya. Pada tahun 2008 Mie Sedaap meluncurkan kemasan baru dengan formula baru Diperkaya 7 Vitamin. Pada tahun 2009 Mie Sedaap meluncurkan rasa barunya, Rasa Kari Spesial dengan Bumbu Kari Kental dan Rasanya Nendang. Pada tahun 2011 Mie Sedaap meluncurkan rasa barunya, Rasa Ayam Spesial dengan rasa kaldu ayamnya. Mie Sedap kini telah menjadi mie instan yang menguasai pangsa pasar kedua di Indonesia. Dengan pesatnya kemampuan menguasai pasarnya. Kami akan menganalisis komunikasi pemasarannya di dalam iklan Mie Sedap rasa terbarunya yaitu iklan Mie Sedap Rasa Ayam Spesial. Dengan jargon iklan mie sedap terasa sedapnya. Komentar saya terhadap pemilihan iklan komersial Mie Sedap yang dibintangi group music padi oleh wings food pada saat itu didasarkan atas kenyataan bahwa group music padi sedang disukai oleh masyarakat serta mengacu pada produk yang akan dipasarkan. Karakter group musik padi mampu mewakili image yang ingin ditampilkan mie sedap yaitu merk terkenal, sedap untuk dinikmati, menjangkau semua lapisan, dan harga yang relative murah. Dengan pemilihan group music padi sebagai bintang iklan mie sedap diharapkan agar para konsumen dapat dengan mudah mengenali produk, tertarik, dan kemudian membeli, seperti halnya mereka mereka menyukai group music padi itu sendiri. -KESIMPULAN Agar penjualan produk-produk mie meningkat dan mendapat tempat dihati masyarakat. Alangkah baiknnya bila membuat iklan tidak mengesampingkan moral ataupun melecehkan salah satu profesi. Dengan adanya protes dari msayarakat yang telah dianggap melecehkan guru, dan dicekal KPI. Iklan mie sedap dapat direvisi atau membuat iklan dengan konsep yang lebih kreatif, edukatif dll. Agar mie sedap tetap diminati masyarakat dan bisa menguasaipangsa pasar mie instan di Indonesia.